Dalam Kegiatan belajar mengajar, diharuskan bagi siswa untuk bersikap aktif dalam proses pembelajaran. Nah, dalam pembahasan kali ini saya akan membahas sedikit tentang bagaimana cara memfasilitasi diskusi. Seperti kita ketahui, diskusi merupakan kegiata belajar mengajar yang dapat dilakuakn di dalam kelas maupun diluar kelas. Jadi, dalam kegiatan diskusi ini, siswa dapat berperan serta secara aktif untuk bertanya maupun menjawab pertanyaan.
SEPULUH KIAT MEMFASILITASI KEGIATAN DISKUSI
Diskusi kelas memainkan peran penting dalam kegiatan belajar aktif. Dengan mendengarkan berbagai macam pendapat, siswa akan termotifasi untuk berfikir. Peran Guru selama berlangsungnya diskusi kelompok adalah memudahkan perjalanan pendapat dari siswa. Guru tidak harus langsung memberikan komentar tambahan setelah siswa berbicara, namun ada baiknya untuk secara periodik membantu kelompok dalam memberikan sumbagan saran kepada mereka. Berikut adalah sepuluh (10) poin menu bantuan untuk digunakan ketika Anda memimpin diskusi kelompok.
1. Kemukakan Kembali apa yang telah dikatakan siswa agar ia merasa bahwa pendapatnya telah dipahami dan siswa yang lain bisa mendengarkan
ikhtisar dari apa yang telah disampaikan secara panjang lebar.
2. Pastikan Anda memahami kata-kata yang disampaikan oleh siswa atau perintahkan siswa untuk memperjelas apa yang di maksud.
3. Berikan Pujian kepada pendapat yang menarik dan mendalam.
4. Perjelas sumbang saran siswa terhadap diskusi dengan menggunakan contoh, atau sarankan cara baru untuk membahas persoalan.
5. Semarakkan diskusi dengan mempercepat prosesnya menggunakan humor, atau jika perlu dengan memacu semangat kelompok untuk memberikan lebih banyak sumbang saran.
6. Tunjukkan ketidaksepahaman (dengan bahasa yang halus) terhadap pendapat siswa untuk memicu diskusi lebih lanjut.
7. Perantarai perbedaan pendapat anatar siswa, dan redakan ketegangan yang mungkin timbul.
8. Tampung semua pendapat, tunjukkan kaitannya satu sama lain.
9. Ubahlah proses kelompok dengan mengubah metode untuk engundang partisipasi atau mengantarkan kelompok menuju tahap evaluasi gagasan yang telah dikemukakan sebelum dibentuknya kelompok.
10. Ikhtisarkan (catat bila perlu pendapat-pendapat utama kelompok.
Demikian sedikit ulasan mengenai kegiatan belajar aktif yang dapat kita praktekkan di dalam kelas. Dan tidak menutup kemungkinan bagi guru untuk dapat menginovasi sendiri dalam memfasilitasi kegiatan diskusi yang ada di dalam kelas.
Semoga bermanfaat...
0 comments:
Post a Comment